Sabtu, 20 November 2010

Did you know . .

Tahukah kamu?

NARSIS . .

narsis.Kita pasti sudah ga asing dgn kata ini.Tapi tahu gak dari mana kata ini pertama kali berasal? Asal mula kata narsis enggak bisa dilepaskan dari legenda mitiologi Yunani tentang Narcissus, anak dewa sungai Cephisus dan peri Liriope.Narcissus dikisahkan memiliki wajah yang ganteng dan rupawan.Saking gantengnya, banyak cewe yang antri mau menjadi pasangannya (woww .  aku jg deh . . hehe).Tapi semua cewe ditolak oleh Narcissus.Di antara ceww-cewe itu, ada seorang cewe bernama Echo yang cinta mati ama Narcisuss.Tapi sayangnya, cintanya pun DITOLAK.Akibatnya, Echo pun menyendiri di tengah hutan hingga tubuhnya menghilang  dan hanya tinggal suaranya yang terdengar.
Suatu ketika Narcisuss sedang berjalan-jalan menyusuri sebuah sungai yang sembilan kali mengalir mengelilingi alam arwah, Styx. Ia membungkuk untuk meminum sedikit airnya. Betapa terkejutnya ketika ia melihat bayangan wajahnya di sungai. Ternyata, betapa sangat tampannya ia.
Begitu dahsyatnya kekaguman pada wajahnya sendiri yang tercermin di permukaan air jernih itu bahkan kemudian ia merasa jatuh cinta dan tak sanggup meninggalkan bayangannya.
Ketika ia mencoba mengulurkan tangannya untuk menggapai-
wajah dalam air dan bermaksud mencium nya, Narcisuss tergelincir, tenggelam dan kemudian meninggal. Para dewa menemukan jasadnya dan mengubahnya menjadi bunga yang disebut sebagai bunga narcisuss/narsis.
Bunga narsis adalah sejenis bunga berumbi, termasuk dalam golongan bakung – dafodil ( Amaryllidaceae) Biasanya berwarna putih, kuning bahkan ada juga yang berwarna merah.

Orang- orang yang senang difoto, dilukis, yang senang memfoto dirinya sendiri, yang bangga dan mengagumi foto-foto dirinya sendiri sering disebut dalam pergaulan sebagai orang yang narsis.
Jika gejala terarahnya nafsu akibat mengagumi, mencintai diri sendiri secara berlebihan dan mengganggu kepribadian; ahli jiwa menyebutnya sebagai narcissme;( gejala sakit jiwa )
mengacu pada kisah mitologi Yunani tersebut diatas.

Menurut saya narsis sich boleh-bole saja (setiap manusia berhak utk naris jg koq) tp jgn berlebihan jg . .Narsis itu halal kok. (Lho emank makanan atau pekerjaan?) Payah ini pnulisnya . .hihi . .
hehe . .
By Sherly alvz . .
smoga artikel kali ini bermanfaat yaa . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar